Tips Mengatasi permasalahan Akses

TIPS :
  1. Apabila kinerja browser pada perangkat komputer / laptop / smartphone lambat, tiba-tiba down tidak seperti biasanya sedangkan koneksi internet stabil, kita dapat mencoba membersihkan cache dan histori pada browser tersebut. langkahnya dapat disimak pada artikel berikut : https://id.wikihow.com/Membersihkan-Cache-Peramban-di-Android.
  2. Apabila siswa gagal mengirimkan tugas / upload file harap memperhatikan hal berikut
    • Pastikan tugas yang dikirim tidak melewati batas waktu pengiriman, jika melewati batas waktu, tombol upload tidak akan berfungsi, dan hanya guru Mapel yang bersangkutan yang dapat memberikan akses untuk memperpanjang waktu pengiriman
    • Cek koneksi internet yang digunakan, sebagai contoh : https://www.speedtest.net/  kemungkinan besar koneksi internet sedang terganggu, atau kapasitas uploadnya kecil. Solusinya, coba ganti koneksi ke wifi atau paket data.
    • file yang diupload terlalu besar, walaupun tidak melewati batas maksimal upload, apabila file yang diupload lumayan besar, ada baiknya file tersebut dikompres/diperkecil sizenya terlebih dahulu, karena file dengan ukuran besar akan memakan bandwith yang besar, dan kemungkinan besar upload file dilakukan serentak oleh beberapa kelas, sehingga beberapa siswa akan mengalami gagal upload . langkah kompres file dapat disimak pada artikel berikut https://idwebhost.com/blog/mengkompres-file-gambar-pdf-dan-file-zip/
  3. Lancar tidaknya akses ke LMS dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya :
    • Koneksi ke server terganggu (koneksi siswa down, terhalang virus/mallware, memory/cache besar)
    • terjadi lalu lintas data yang tinggi (seperti upload file serentak beberapa kelas dalam waktu yang hampir bersamaan dengan file yang besar.
    • Akses ke server terblok, kemungkinan besar disebabkan virus/mallware, atau kebijakan provider dari klien (solusi dapat mengganti koneksi, atau membersihkan cache/memory)
  4. Admin selalu meningkatkan kualitas dan performa, oleh karena itu kami melakukan maintenance / perawatan sistem setiap hari sabtu pk. 06.00 sd 09.00 wita dan pk. 18.00 sd 22.00 wita (server masih dapat diakses, kemungkinan yang ditimbulkan pada jadwal tersebut mungkin akses yang lebih lambat)
SELAMAT BELAJAR
Admin SMA DWIJENDRA


Terakhir diperbaharui: Selasa, 8 September 2020, 11:05